Beberapa perusahaan C2C E-Commerce memperoleh pendapatan dari setiap
transaksi yang terjadi di situs tersebut. Rendahnya jumlah transaksi yang dialami
oleh PT XYZ menyebabkan rendahnya jumlah pendapatan yang diperoleh. Usaha
yang dikeluarkan untuk membuat pelanggan lama kembali melakukan transaksi di
situs xyz.com lebih sedikit dibandingkan usaha yang dikeluarkan untuk membuat
pelanggan baru melakukan transaksi. Oleh karena itu, menganalisis faktor-faktor
yang mempengaruhi repurchase intention menjadi penting bagi PT XYZ. Model
penelitian ini diadaptasi dari DeLone & McLean Updated IS Success Model dan
Expectation-Confirmation Model serta beberapa penelitian sebelumnya yang
relevan. Data yang terkumpul dari kuesioner online adalah sebanyak 348 data valid.
Metode yang digunakan untuk analisis data adalah Structural Equation Modeling
(SEM) berbasis variance yaitu Partial Least Square (PLS) dengan bantuan
perangkat lunak SmartPLS 2.0 M3. Dari analisis data penelitian diperoleh hasil
yaitu satisfaction with sellers dan trust in platform provider adalah faktor yang
mempengaruhi repurchase intention secara langsung. Sedangkan, perceived quality
of sellers, perceived quality of platform, perceived value, dan trust in sellers
merupakan faktor yang mempengaruhi repurchase intention secara tidak langsung.
|
|