Pada tahun 2010 PT Astra International Tbk membangun sistem manajemen pengetahuan yang diberi nama NPC Room. Namun pada kenyataannya penggunaan NPC Room terlihat semakin menurun. Melalui penelitian ini diharapkan peneliti dapat menemukan faktor apa yang mempengaruhi penggunaan NPC Room, sehingga nantinya dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan dalam membuat strategi yang tepat untuk meningkatkan penggunaan NPC Room. Model yang digunakan untuk mencari tahu faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan NPC Room adalah Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2). Pemilihan model UTAUT 2 pada penelitian ini dikarenakan model UTAUT 2 merupakan model penerimaan teknologi terkini yang menggabungkan variabel-variabel yang terbukti paling berpengaruh pada delapan teori penerimaan teknologi pendahulunya. Selain itu model UTAUT 2 dapat digunakan untuk membantu memahami apa yang menjadi pendorong penggunaan suatu teknologi, sehingga dapat digunakan untuk mendesain strategi yang ditujukan pada populasi pengguna yang cenderung kurang dalam menggunakan suatu teknologi. Mengingat jumlah responden pada penelitian ini berjumlah kurang dari seratus yakni 57 responden, maka analisis statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS v.3.1.3. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan NPC Room adalah habit dan pengaruh lingkungan sekitar. Pengaruh habit dan lingkungan sekitar terhadap penggunaan NPC Room memiliki efek paling tinggi pada pegawai dengan usia yang lebih tua dan pengalaman kerja yang lebih lama, yakni pegawai dengan usia lebih dari tiga puluh tahun dan pengalaman kerja lebih dari lima tahun.