Penggunaan e–Learning di Universitas Indonesia telah diatur oleh Surat Keputusan Rektor UI tentang Penyelenggaraan e-Learning di Universitas Indonesia. Dari data olahan log activity admin SCELE, diperoleh bahwa forum diskusi SCeLE sejak tahun 2011 – 2014 belum dimanfaatkan dengan maksimal baik oleh dosen maupun mahasiswa terlihat dari jumlah partisipasi dosen dan mahasiswa yang masih jauh dari harapan yaitu baik dari jumlah forum diskusi dan juga topik diskusi yang di-posting tidak lebih dari lima belas persen (15%). Penelitan ini bertujuan untuk mencari faktor – faktor yang memengaruhi partisipasi diskusi online pada SCeLE MTI UI. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebar kepada 150 responden mahasiswa MTI UI. Pengolahan data dilakukan menggunakan Partial Least Square – SEM (PLS – SEM) dengan bantuan software smartPLS 3. Model penelitian yang disusun merupakan model integrasi dari teori UTAUT 2 dan IS success model DeLone – McLean serta penelitian – penelitian sebelumnya. Model konseptual yang dibuat juga melibatkan beberapa variabel moderator, yaitu gender, experience, dan learning style. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum faktor – faktor yang memengaruhi partisipasi diskusi online SCeLE adalah extrinsic motivation, habit, information quality, performance expectancy, social influence, system quality, dan service quality. Partisipasi diskusi online didefinisikan dalam dua kategori, yaitu niat pengguna (behavioral intention) dan kepuasan pengguna (user satisfaction). Faktor yang sangat berpengaruh terhadap behavioral intention adalah performance expectancy, habit, extrinsic motivation, dan social influence. Sementara itu, faktor yang sangat berpengaruh terhadap user satisfaction adalah information quality, system quality dan service quality.