Penggunaan e–Learning di Universitas Indonesia telah diatur oleh Surat
Keputusan Rektor UI tentang Penyelenggaraan e-Learning di Universitas
Indonesia. Dari data olahan log activity admin SCELE, diperoleh bahwa forum
diskusi SCeLE sejak tahun 2011 – 2014 belum dimanfaatkan dengan maksimal
baik oleh dosen maupun mahasiswa terlihat dari jumlah partisipasi dosen dan
mahasiswa yang masih jauh dari harapan yaitu baik dari jumlah forum diskusi dan
juga topik diskusi yang di-posting tidak lebih dari lima belas persen (15%).
Penelitan ini bertujuan untuk mencari faktor – faktor yang memengaruhi
partisipasi diskusi online pada SCeLE MTI UI. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan kuesioner yang disebar kepada 150 responden mahasiswa
MTI UI. Pengolahan data dilakukan menggunakan Partial Least Square – SEM
(PLS – SEM) dengan bantuan software smartPLS 3. Model penelitian yang
disusun merupakan model integrasi dari teori UTAUT 2 dan IS success model
DeLone – McLean serta penelitian – penelitian sebelumnya. Model konseptual
yang dibuat juga melibatkan beberapa variabel moderator, yaitu gender,
experience, dan learning style.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum faktor – faktor yang
memengaruhi partisipasi diskusi online SCeLE adalah extrinsic motivation, habit,
information quality, performance expectancy, social influence, system quality, dan
service quality. Partisipasi diskusi online didefinisikan dalam dua kategori, yaitu
niat pengguna (behavioral intention) dan kepuasan pengguna (user satisfaction).
Faktor yang sangat berpengaruh terhadap behavioral intention adalah
performance expectancy, habit, extrinsic motivation, dan social influence.
Sementara itu, faktor yang sangat berpengaruh terhadap user satisfaction adalah
information quality, system quality dan service quality.
|
|