ABSTRAK Nama : Audry Pragita Putri Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Pengaruh Proporsi dan Kualitas Ulasan Elektronik Negatif terhadap Sikap dan Keinginan Pembelian Konsumen untuk Produk Populer Penelitian ini menganalisis pengaruh ulasan elektronik negatif terhadap sikap dan keinginan pembelian konsumen untuk produk populer. Komponen yang dianalisis terkait tinggi-rendahnya proporsi dan kualitas ulasan, serta perbadingan dengan produk tidak populer. Penelitian dilakukan menggunakan eksperimen pada 254 orang, yang diuji mengunakan Anova. Hasil penelitian menyatakan sikap konsumen terhadap produk populer semakin menurun seiring peningkatan proporsi ulasan elektronik negatif. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada keinginan pembelian maupun pengaruh kualitas pada kedua respon konsumen untuk produk populer. Terdapat keterkaitan erat antara proporsi dan kualitas, serta produk tidak populer lebih terpengaruh oleh ulasan elektronik negatif dibandingkan dengan produk populer. Kata Kunci: Ulasan elektronik negatif, produk populer, kualitas, proporsi, sikap, keinginan pembelian