ABSTRAK
Nama : Audry Pragita Putri
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Pengaruh Proporsi dan Kualitas Ulasan Elektronik
Negatif terhadap Sikap dan Keinginan Pembelian Konsumen
untuk Produk Populer
Penelitian ini menganalisis pengaruh ulasan elektronik negatif terhadap sikap dan
keinginan pembelian konsumen untuk produk populer. Komponen yang dianalisis
terkait tinggi-rendahnya proporsi dan kualitas ulasan, serta perbadingan dengan
produk tidak populer. Penelitian dilakukan menggunakan eksperimen pada 254
orang, yang diuji mengunakan Anova. Hasil penelitian menyatakan sikap
konsumen terhadap produk populer semakin menurun seiring peningkatan
proporsi ulasan elektronik negatif. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada
keinginan pembelian maupun pengaruh kualitas pada kedua respon konsumen
untuk produk populer. Terdapat keterkaitan erat antara proporsi dan kualitas, serta
produk tidak populer lebih terpengaruh oleh ulasan elektronik negatif
dibandingkan dengan produk populer.
Kata Kunci:
Ulasan elektronik negatif, produk populer, kualitas, proporsi, sikap, keinginan
pembelian
|
|