ABSTRAK Nama : Putu Agya Paramartha Program Studi : Sistem Informasi Judul : Pengembangan Responsive Website dan Analisis User Experience: Studi Website PT Kreavi Indonesia Perubahan perilaku masyarakat yang kini bersifat mobile membuat PT Kreavi Indonesia memutuskan perlunya implementasi website mereka menjadi responsive. Implementasi yang dilakukan penulis didasari prinsip-prinsip responsive website. Hasil implementasi kemudian dianalisis untuk mengetahui apakah implementasi responsive website dapat meningkatkan user experience ketika diakses menggunakan mobile device. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode, yaitu Google Analytics, kuesioner Software Usability Scale (SUS) dan usability testing. Hasil analisis data Google Analytics membuktikan bahwa responsive website meningkatkan traffic website Kreavi. Sementara itu, berdasarkan hasil uji kualitatif melalui usability testing, brand Kreavi tetap terjaga dan komponen usability yakni learnability, efficiency serta satisfaction memiliki peningkatan nilai. Peningkatan nilai usability pun didukung dari hasil kuesinoer SUS manakala nilai versi responsive unggul secara signifikan dari versi nonresponsive berdasarkan hasil uji statistik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa implementasi responsive website PT Kreavi Indonesia meningkatkan nilai user experience pengguna. Penulis pun memberikan beberapa rekomendasi seputar permasalahan pada website versi responsive yang dapat dijadikan referensi penyempurnaan nilai user experience website. Kata kunci: Google Analytics, responsive website, software usability scale, usability, usability testing, user experience.