ABSTRAK Nama : Aliviani Ayu Larashati Program Studi : Sistem Informasi Judul : Peran Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Pada PT XL Axiata dan Pengaruhnya Terhadap Pengembangan Produk Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat dewasa ini, ditambah dengan masyarakat yang mulai terbuka akan hadirnya teknologi memicu implementasi Electronic Customer relationship Management (E-CRM) dalam perusahaan. Begitu juga dengan PT XL Axiata sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia yang menggunakan E-CRM dalam proses bisnisnya.Selain customer relationship, pengembangan produk juga menjadi salah satu faktor yang penting bagi perusahaan. Dalam penelitian ini hubungan antara implementasi E-CRM dengan pengembangan produk pada perusahaan telekomunikasi akan dieksplor secara mendalam. Penelitian kualitatif dilakukan dengan metode studi kasus. Hasilnya adalah implementasi E-CRM berperan dalam identifikasi peluang dari kebutuhan pelanggan untuk pengembangan produk baru. Komponen dari E-CRM yakni people, process, dan technology juga berperan penting dalam keberhasilan implementasi E-CRM yang terintegrasi. Kata Kunci: CRM, E-CRM, pengembangan produk, teknologi