ABSTRAK
Nama : Fathiya El Huda
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Pengaruh Kualitas Ulasan Online Negatif dan Kualitas
Pengulas pada Produk Experience terhadap Keinginan Membeli,
Kepercayaan, dan Review Usefulness
Penelitian ini meneliti bagimana pengaruh ulasan yang ditulis oleh pengulas
terhadap keinginan membeli, kepercayaan, dan review usefulness. Khususnya,
pada konteks pemrosesan informasi dengan pendekatan teori dual-process untuk
menjelaskan pengaruh faktor heuristik (tingkat kualitas pengulas) dan faktor
sistematik (tingkat kualitas ulasan). Dalam penelitian ini, digunakan metode
eksperimen berbasis web dengan memberikan empat treatment pada 228
mahasiswa. Pengujian hipotesis menggunakan one-way dan two-way analysis of
variance (ANOVA). Hasil pada penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang sama kuat ketika terdapat kombinasi perbedaan kualitas ulasan dan
pengulas terhadap keinginan membeli, kepercayaan, dan review usefulness. Selain
itu, juga menyimpulkan bahwa kualitas tinggi lebih berpengaruh daripada kualitas
rendah pada ulasan dan pengulas terhadap keinginan membeli, kepercayaan, dan
review usefulness. Namun, hal ini tidak berlaku pada pengaruh pengulas
berkualitas tinggi terhadap review usefulness daripada pengulas berkualitas
rendah.
Kata Kunci:
ulasan online negatif, kualitas ulasan online, kualitas pengulas, keinginan
membeli, kepercayaan, review usefulness
|
|