ABSTRAK Nama : Fathiya El Huda Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Pengaruh Kualitas Ulasan Online Negatif dan Kualitas Pengulas pada Produk Experience terhadap Keinginan Membeli, Kepercayaan, dan Review Usefulness Penelitian ini meneliti bagimana pengaruh ulasan yang ditulis oleh pengulas terhadap keinginan membeli, kepercayaan, dan review usefulness. Khususnya, pada konteks pemrosesan informasi dengan pendekatan teori dual-process untuk menjelaskan pengaruh faktor heuristik (tingkat kualitas pengulas) dan faktor sistematik (tingkat kualitas ulasan). Dalam penelitian ini, digunakan metode eksperimen berbasis web dengan memberikan empat treatment pada 228 mahasiswa. Pengujian hipotesis menggunakan one-way dan two-way analysis of variance (ANOVA). Hasil pada penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sama kuat ketika terdapat kombinasi perbedaan kualitas ulasan dan pengulas terhadap keinginan membeli, kepercayaan, dan review usefulness. Selain itu, juga menyimpulkan bahwa kualitas tinggi lebih berpengaruh daripada kualitas rendah pada ulasan dan pengulas terhadap keinginan membeli, kepercayaan, dan review usefulness. Namun, hal ini tidak berlaku pada pengaruh pengulas berkualitas tinggi terhadap review usefulness daripada pengulas berkualitas rendah. Kata Kunci: ulasan online negatif, kualitas ulasan online, kualitas pengulas, keinginan membeli, kepercayaan, review usefulness