ABSTRAK Nama : Riandra Ramadana Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Penggunaan Gamification pada E-Commerce B2C di Indonesia Menggunakan Octalysis Framework Semenjak awal tahun 2000, perkembangan e-Commerce terus meningkat di seluruh bagian dunia, termasuk di Indonesia. Salah satu cara yang saat ini mulai banyak digunakan untuk menarik pelanggan adalah dengan mengimplementasikan fitur-fitur gamification pada situs-situs e-Commerce. Berbagai e-Commerce di dunia sudah mulai menggunakan gamification. Namun, belum diketahui bagaimana penggunaan gamification di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana penggunaan gamification pada situs-situs e- Commerce di Indonesia dan memberikan rekomendasi kepada situs-situs tersebut dengan menggunakan prototype. Metode yang digunakan adalah melakukan observasi dan menganalisis menggunakan sebuah framework bernama Octalysis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa situs e-Commerce B2C di Indonesia sudah menggunakan konsep motivasi gamification secara implisit untuk menarik pengguna. Selain itu masih terdapat kekurangan sehingga peneliti memberikan beberapa rekomendasi untuk situs-situs e-Commerce tersebut.