ABSTRAK
Nama : Riandra Ramadana
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Penggunaan Gamification pada E-Commerce B2C di
Indonesia Menggunakan Octalysis Framework
Semenjak awal tahun 2000, perkembangan e-Commerce terus meningkat di
seluruh bagian dunia, termasuk di Indonesia. Salah satu cara yang saat ini mulai
banyak digunakan untuk menarik pelanggan adalah dengan mengimplementasikan
fitur-fitur gamification pada situs-situs e-Commerce. Berbagai e-Commerce di
dunia sudah mulai menggunakan gamification. Namun, belum diketahui
bagaimana penggunaan gamification di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk
untuk mengetahui bagaimana penggunaan gamification pada situs-situs e-
Commerce di Indonesia dan memberikan rekomendasi kepada situs-situs tersebut
dengan menggunakan prototype. Metode yang digunakan adalah melakukan
observasi dan menganalisis menggunakan sebuah framework bernama Octalysis.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa situs e-Commerce
B2C di Indonesia sudah menggunakan konsep motivasi gamification secara
implisit untuk menarik pengguna. Selain itu masih terdapat kekurangan sehingga
peneliti memberikan beberapa rekomendasi untuk situs-situs e-Commerce tersebut.
|
|