ABSTRAK

Pengguna internet di Indonesia berkembang cukup besar. Hal ini mempengaruhi perkembangan bisnis online s-commerce. Banyak penelitian yang membahas faktor-faktor yang mempengaruhi intensi pembelian pada s-commerce dilihat dari sisi interaksi pada media sosial, tapi masih sedikit yang melihatnya dari sisi relasional dan transaksional. Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor-faktor pada ketiga sisi tersebut, sehingga nantinya dapat dijadikan pertimbangan bagi pebisnis s-commerce dalam membuat strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualannya. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online melalui surveymonkey.com, sehingga diperoleh 404 responden yang mengisi kuesioner. Analisis statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS v.3.2.1. Penelitian yang dilakukan memberikan kesimpulan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan konsumen dalam melakukan pembelian online pada bisnis s-commerce adalah Transaction Safety, Relationship Maintenance dan Rating.