ABSTRAK
Perkembangan teknologi memungkinkan masyarakat berpartisipasi secara aktif dalam politik melalui e-participation. Petisi online merupakan salah satu bentuk dari e-participation. Penandatanganan petisi online melalui Change.org Indonesia semakin populer di Indonesia, akan tetapi banyak petisi yang hanya memperoleh sedikit dukungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor pada domain informasi, sumber informasi, dan motivasi personal yang mempengaruhi niat orang untuk menandatangani petisi online. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuisioner kepada para pengguna internet yang pernah menandatangani petisi di Change.org. Dari hasil pengumpulan data, diperoleh responden penelitian sejumlah 211 orang yang kemudian dianalisis dengan menggunakan Covariance Based SEM (CB-SEM) dengan bantuan aplikasi IBM Amos v22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa attitude pengguna dipengaruhi oleh source credibility, argument quality, altruism, dan personal relevance. Attitude yang positif akan mendorong pengguna internet untuk menandatangani petisi online.
|