ABSTRAK

ABSTRAK Nama : Aminah Fuad Baagil Program Studi : Sistem Informasi Judul : Corporate Online Payment System PT Telkomsel Indonesia Laporan ini berisi seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan penulis selama kerja praktik di PT Telkomsel Indonesia. Penulis ditempatkan di divisi Customer Care Development, bagian Customer Care Escalation Platform yang bertugas untuk memberikan support teknologi dan sistem informasi yang berbasis Customer Relationship Management (CRM) kepada seluruh divisi di departemen Customer Care Management (CCM). Pada kerja praktik ini, penulis bergabung dengan sebuah tim CCM yang bertugas untuk mengerjakan proyek Corporate Online Payment System yang bertujuan agar seluruh proses pembayaran tagihan dapat dilakukan secara online tanpa kegiatan secara offline (manual). Terdapat beberapa perubahan sistem yang ingin diimplementasikan pada proyek ini salah satunya yang menjadi fokus topik kerja praktik penulis adalah merancang Partial Payment System untuk proses pembayaran tagihan secara online melalui ATM atau ebanking. Selama menjalankan kerja praktik, ada beberapa kendala yang penulis alami, di antaranya adalah penulis sulit untuk mengikuti materi yang dibahas saat meeting bersama tim. Hal tersebut dikarenakan Telkomsel memiliki banyak singkatan dan istilah untuk setiap sistemnya. Oleh karena itu, penulis harus mencari tahu terlebih dahulu makna dari masing-masing istilah tersebut. Namun demikian, penulis sangat bersyukur dapat diberikan kesempatan untuk melaksanakan kerja praktik di perusahaan besar seperti PT Telkomsel Indonesia. Kata Kunci : Telkomsel Indonesia, Corporate Online Payment System, Auto Collection System, Manual Collection System, Partial Payment System, Full Payment System