ABSTRAK
br.>

ABSTRAK Laporan ini berisikan pengalaman penulis selama menempuh kerja praktik di Kartuku (PT Multi Adiprakarsa Manunggal) selama sembilan minggu, terhitung sejak tanggal 22 Juni 2015 hingga 21 Agustus 2015 sebagai salah satu proses yang wajib ditempuh bagi mahasiswa semester tujuh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Kartuku merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pemrosesan pembayaran pihak ketiga, penyedia mesin electronic data capture (EDC), dan penyedia layanan pembayaran. Penulis ditempatkan pada subdepartemen IT Support di bawah lingkup IT Opearations. Penulis ditugaskan untuk membuat desain workflow dari keseluruhan layanan yang disediakan masing-masing subdivisi yang berada pada lingkup IT Operations dan melakukan implementasi beserta forms dari layanan tersebut pada JiraŽ. Banyak pengalaman baru di dunia kerja yang penulis dapatkan pada proses kerja praktik ini seperti mempelajari teknis wawancara yang baik, proses bisnis, dan lain-lain. Kata kunci: Kartuku, JiraŽ, Service Request Management, kerja praktik