ABSTRAK ABSTRAK
Nama : Abdul Rahman Hakim
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Ticketing System for Customer Service KUDO
Penulis telah menyelesaikan kerja praktik dengan durasi kurang lebih sembilan minggu di PT KUDO Teknologi Indonesia pada divisi Backend Developer. KUDO merupakan startup yang bergerak di bidang ecommerce yan telah berdiri sejak tahun 2014. Pada pelaksaan kerja praktik penulis ditugaskan untuk mengembangkan sebuah web app untuk mempermudah proses bisnis customer service yang ada di KUDO. Pengembangan aplikasi ini bertujuan untuk mengintegrasikan beberapa proses bisnis customer service KUDO agar bisa digunakan dengan mudah dan cepat karena pada awalnya sistem customer service KUDO memakai banyak platform yaitu Whatsapp, email Gmail customer service, sistem customer service Bornevia, dan Skype. Dalam pengembangan sistem customer service ini penulis tergabung dalam sebuah kelompok yang terdari dari tiga orang backend developer yaitu penulis dan dua orang rekan kerja praktik. Setelah pelaksanaan kerja praktik, penulis banyak mendapatkan pengalaman dan ilmu pengetahuan baru mengenai proses bisnis dalam sebuah startup.
Kata Kunci : Kerja Praktik, Customer Service, Backend Developer.
|