ABSTRAK
Nama : Septi Rito Tombe
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Perpindahan Kepercayaan dan Dampaknya Terhadap
Keinginan untuk Menggunakan E-Payment di C2C EMarketplace
Consumer-to-consumer (C2C) e-marketplace merupakan salah satu bentuk ecommerce
yang sangat populer saat ini. Faktor yang penting dalam C2C emarketplace
adalah kepercayaan kepada penjual dan sistem e-payment.
Kepercayaan kepada penjual dan sistem e-payment dapat memengaruhi keinginan
pelanggan untuk menggunakan e-payment pada situs tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perpindahan kepercayaan dari
penjual ke sistem e-payment, sehingga dapat diketahui pengaruhnya terhadap niat
untuk menggunakan sistem tersebut dalam C2C e-marketplace. Selain itu,
penelitian ini menyelidiki sumber kepercayaan terhadap penjual dan sistem epayment
pada situs C2C e-marketplace. Metode yang dipakai untuk analisis data
pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik structural equation
modelling (SEM) menggunakan aplikasi AMOS 22.0. Jumlah responden yang
dikumpulkan sebanyak 249 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan kepercayaan kepada penjual dipengaruhi oleh
disposition to trust dan reputasi positif. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan
kepercayaan pada sistem e-payment dipengaruhi oleh kualitas e-payment tersebut
dan rekomendasi dari orang lain. Pada penelitian ini terbukti bahwa perpindahan
kepercayaan kepada penjual ke sistem e-payment dapat memengaruhi keinginan
untuk menggunakan sistem e-payment tersebut.
Kata kunci: AMOS, C2C e-marketplace, e-payment, kepercayaan, niat untuk
menggunakan, perpindahan, SEM, sumber kepercayaan
|
|