ABSTRAK
PT XYZ merupakan perusahaan perbankan yang terus melakukan pengembangan
dalam pelayanannya. Salah satunya adalah implementasi aplikasi Briefcase
Banking yang merupakan aplikasi mobile business untuk pegawai pemasaran di
segmen KPR. Setelah dilakukan implementasi, jumlah pengajuan kredit melalui
aplikasi tersebut masih di bawah ekspektasi disebabkan karena masih sedikitnya
pengguna yang menggunakan aplikasi saat bekerja. Oleh karena itu, dilakukan
penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan
aplikasi Briefcase Banking dengan menggunakan metode Structural Equation
Modelling (SEM).
Penelitian ini, menggunakan faktor-faktor dari Technology Acceptance Model
(TAM), Task Technology Fit (TTF), dan Unified Theory of Acceptance and Use
of Technology (UTAUT) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
penggunaan aplikasi Briefcase Banking. Dari analisis yang dilakukan terhadap
171 pengguna aplikasi, di dapat sembilan faktor yang memiliki pengaruh
signifikan terhadap penggunaan aktual. Faktor-faktor tersebut adalah mobile
technology characteristic, perceived ease of use, perceived usefulness, intention to
use, convenience technology, marketing task, enjoyment, facilitating condition,
dan social influence.
|