ABSTRAK
Penggunaan TI di lingkungan Setjen DPR RI memiliki peran dalam mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPR RI. TI dikelola untuk melayani Anggota Dewan, unit kerja Setjen DPR RI, dan masyarakat. Pengembangan TI di Setjen DPR RI perlu dilakukan dengan baik sehingga dapat menjadi pemungkin (enabler) bagi organisasi dalam rangka mencapai tujuan.
Penelitian ini bertujuan melakukan evaluasi proses tata kelola TI di lingkungan Setjen DPR RI menggunakan kerangka kerja COBIT 5 untuk mendapatkan tingkat kapabilitas yang dicapai organisasi dan rekomendasi perbaikan proses untuk mencapai target kapabilitas yang diharapkan. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui FGD dan penyebaran kuesioner. Data sekunder didapatkan dari studi dokumen organisasi dan studi literatur terkait dengan penelitian yang relevan.
Berdasarkan hasil pengukuran dapat diketahui bahwa nilai rata-rata pencapaian kapabilitas proses tata kelola TI di Setjen DPR RI adalah 1,1 (performed) yang berarti telah melaksanakan proses-proses TI dan mencapai tujuan prosesnya. Rekomendasi perbaikan proses dilaksanakan berdasarkan prioritas dengan memperhatikan tingkat kepentingan kriteria dukungan stakeholder, SDM TI, dan kriteria waktu pencapaian target. Tiga proses yang menjadi prioritas, yakni APO13, BAI01, dan EDM01 dianggap sangat diperlukan dalam penyelenggaraan layanan TI di Setjen DPR RI untuk dapat mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPR RI.
|