ABSTRAK
Meningkatnya layanan TI pada sebuah perusahaan dibutuhkan perencanaan lebih
mendalam untuk menjaga keberlangsungan bisnis suatu perusahaan. Salah satu
yang menjadi permasalahan pada sebuah perencanaan TI perusahaan yaitu
mengesampingkan perencanaan kelangsungan bisnis jika terjadi gangguan, oleh
karena kurangnya kesadaran beberapa stakeholder. Untuk membantu peningkatan
layanan keseluruhan manajemen TI agar bisnis perusahaan dapat berjalan meskipun
terjadi gangguan atau bencana yang tidak diinginkan, maka penulis berinisiatif
mengadakan penelitian dengan melakukan kajian dampak analisis terhadap divisi
Business Support System PT. Hutchison 3 Indonesia. Dalam penelitian ini penulis
menggunakan metodologi NIST 800-34 sebagai panduan proses rancangan BCP
yang disesuaikan dengan standar sistem informasi untuk industri teknologi
informasi dan telekomunikasi. Penelitian ini menghasilkan perancangan BCP dapat
digunakan sebagai suatu panduan untuk PT. Hutchison 3 Indonesia, sehingga
meningkatkan kewaspadaan terhadap suatu ancaman atau gangguan, dan dapat
menjaga keberlangsungan bisnis pada perusahaan.
|