ABSTRAK
Dalam rangka mendukung reformasi birokrasi di bidang teknologi informasi (TI)
di Kementerian Sekretariat Negara, diperlukan peningkatan kualitas manajemen
Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang TI yang profesional, memiliki
kompetensi, integritas dan produktifitas yang tinggi. Untuk itu, diperlukan
pengelolaan SDM dalam tata kelola teknologi informasi yang handal berdasarkan
pada sebuah standar kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan dan
mengukur kompetensi SDM TI pada sebuah unit kerja di organisasi dengan
menggunakan konsep Competency Based Human Resources Management
(CBHRM), yaitu konsep yang berfokus terhadap sumber daya manusia sebelum
berfokus terhadap pekerjaan yang mereka hasilkan. Jenis penelitian yang
digunakan adalah kualitatif dan studi pustaka.
Kompetensi yang dipetakan dan diukur meliputi soft dan hard competency. Soft
competency adalah kompetensi yang berkaitan dengan bagaimana seorang
manusia mengelola pekerjaan dan skill apa yang dimiliki dalam berinteraksi
dengan orang lain, sementara hard competency adalah kompetensi yang
berhubungan dengan kemampuan fungsional dalam menjalankan substansi
pekerjaan. Hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat soft dan hard
competency pegawai saat ini dan tingkat kompetensi yang diharapkan pimpinan
organisasi di masa yang akan datang. Rekomendasi yang dihasilkan berupa saran
pelatihan dan/atau sertifikasi apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan
kompetensi SDM TI tersebut.
|