ABSTRAK
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi berupaya untuk meningkatkan kualitas
pelayanan terhadap masyarakat. Pemkab Bekasi menyadari bahwa untuk
mencapai hal tersebut perlu adanya dukungan dari teknologi guna
menyelenggarakan suatu eletronic government (e-government).
Hal ini memerlukan terbangunnya integrasi antar berbagai aplikasi yang saling
terkait untuk menghasilkan suatu proses kegiatan pemerintahan yang efektif dan
efisien. Integrasi data ini tercantum dalam kerangka acuan kerja (KAK) Pemkab
Bekasi tahun 2015. Langkah awal dalam melakukan integrasi data ini adalah
membuat penyusunan standar kode pada Pemkab Bekasi yang kedepannya akan
disahkan oleh kepala daerah berupa pemberlakuan dokumen standar data.
Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penyusunan standar kode yang dilakukan
dengan pendekatan Data Management Book of Knowledge (DMBOK) dan
hasilnya akan dituangkan dalam bentuk standar data yang diberlakukan dalam
organisasi.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan dalam melakukan
pengembangan sistem informasi di Pemkab Bekasi yang dituangkan dalam bentuk
kebijakan.
|