ABSTRAK

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Pemkab Bekasi menyadari bahwa untuk mencapai hal tersebut perlu adanya dukungan dari teknologi guna menyelenggarakan suatu eletronic government (e-government). Hal ini memerlukan terbangunnya integrasi antar berbagai aplikasi yang saling terkait untuk menghasilkan suatu proses kegiatan pemerintahan yang efektif dan efisien. Integrasi data ini tercantum dalam kerangka acuan kerja (KAK) Pemkab Bekasi tahun 2015. Langkah awal dalam melakukan integrasi data ini adalah membuat penyusunan standar kode pada Pemkab Bekasi yang kedepannya akan disahkan oleh kepala daerah berupa pemberlakuan dokumen standar data. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penyusunan standar kode yang dilakukan dengan pendekatan Data Management Book of Knowledge (DMBOK) dan hasilnya akan dituangkan dalam bentuk standar data yang diberlakukan dalam organisasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan dalam melakukan pengembangan sistem informasi di Pemkab Bekasi yang dituangkan dalam bentuk kebijakan.