ABSTRAK Nama : Jamilah Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Pengaruh Brand Community Berbasis Media Sosial Terhadap Brand Loyalty: Studi Kasus UBER Penelitian ini ingin mencari tahu pengaruh brand community berbasis media sosial terhadap model customer-centric (customer relationship with product, brand, company & other customer) suatu brand community dan pengaruhnya terhadap brand affect, brand trust serta pengaruhnya terhadap brand loyalty. Brand loyalty sendiri dianalisis berdasarkan dua perspektif yaitu attitudinal dan behavioral loyalty. Pada penelitian ini diperoleh 374 responden yang merupakan pengikut brand community berbasis media sosial Uber di Facebook dan/atau Twitter. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis Covariance-Based Structural Equation Modelling (CB-SEM) menggunakan aplikasi AMOS 22.0. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa brand community berbasis media sosial memiliki pengaruh terhadap model customer-centric. Selain itu, diketahui juga bahwa brand trust dan brand affect hanya dipengaruhi oleh customer-product, customer-brand, customer-company relationship tetapi tidak dipengaruhi oleh customer-other customer relationship. Kemudian, brand trust dan brand affect terbukti mempengaruhi attitudinal dan behavioral loyalty. Kata kunci: Brand community, brand loyalty, attitudinal loyalty, behavioral loyalty, brand trust, brand affect, customer-centric, SEM, AMOS.