ABSTRAK
Nama : Intan K. Utami
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Pengaruh Keamanan dan Privasi Terhadap Repurchase
Intention Pada Customer-to-Customer (C2C) Electronic
Marketplace
Penggunaan customer-to-customer (C2C) electronic marketplace semakin luas dewasa
ini. Keamanan dan privasi merupakan faktor penting yang dipertimbangkan oleh
pelanggan ketika melakukan transaksi pada e-marketplace. Di Indonesia, keamanan
merupakan salah satu permasalahan penting yang dialami oleh bisnis online. Hal
tersebut juga diperkuat dengan kasus pembobolan akun yang terjadi pada salah satu
situs perbelanjaan elektronik terbesar di Indonesia pada April 2016. Faktor-faktor
tersebut dapat mempengaruhi keputusan pelanggan untuk melakukan pembelian ulang
pada e-marketplace yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
keamanan dan privasi mempengaruhi repurchase intention pada C2C e-marketplace.
Data dari 375 responden diperoleh untuk kemudian diolah menggunakan tools
SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh keamanan dan privasi
terhadap repurchase intention melibatkan customer satisfaction dan customer trust.
Keamanan berpengaruh positif terhadap customer satisfaction melalui dimensi
confidentiality dan availability dan berpengaruh positif terhadap customer trust melalui
dimensi confidentiality. Adapun privasi berpengaruh positif terhadap customer
satisfaction melalui dimensi control dan awareness dan tidak berpengaruh positif
terhadap customer trust. Selain itu, customer satisfaction terbukti memiliki pengaruh
positif terhadap customer trust. Sementara itu, keamanan dan privasi tidak terbukti
memiliki pengaruh positif terhadap repurchase intention. Customer satisfaction dan
customer trust masing-masing berpengaruh positif terhadap repurchase intention.
Kata kunci:
Keamanan, privasi, repurchase intention, C2C e-marketplace
|
|