ABSTRAK
Nama : Aulia Rasyid
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Evaluasi Kualitas E-Service pada E-Government: Studi Kasus
BPJS Kesehatan Indonesia
Pemerintah Indonesia sudah mengimplementasikan e-government khususnya eservice,
namun layanan tersebut belum teruji kualitasnya. Penelitian ini bertujuan
untuk mengembangkan framework yang mengevaluasi kualitas dari e-service pada
e-government. Framework kemudian digunakan untuk menilai e-service pada
situs e-government BPJS Kesehatan Indonesia dan juga untuk membandingkan
antara situs BPJS Kesehatan dengan situs PhilHealth Filipina. Evaluasi kualitas
dilihat dari empat dimensi yaitu: website design, reliability, responsiveness, dan
ease of use. Setelah itu, akan dilihat perbandingan antara BPJS Kesehatan dan
PhilHealth. Hasil analisis menunjukan bahwa kualitas BPJS sudah baik pada
dimensi reliability dan responsiveness, sedangkan untuk dimensi web design dan
ease of use masih perlu ditingkatkan. Hasil analisis perbandingan menunjukan
bahwa dari empat dimensi, PhilHealth lebih unggul daripada BPJS Kesehatan.
Kata Kunci:
E-service, E-government, kualitas e-service
|
|