ABSTRAK Nama : Muhammad Ardhan Fadhlurrahman Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Pengembangan Prototipe Aplikasi Game dengan Materi Computational Thinking: Studi Kasus Siswa Kelas V SD Penelitian ini membahas cara merancang aplikasi game berdsasarkan teori terkait serta bagaimana game tersebut dirancang untuk memenuhi kurikulum yang berlaku di Indonesia sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang layak. Penelitian ini juga melakukan evaluasi terhadap game yang telah dirancang, evaluasi tersebut dilakukan oleh peserta didik setelah memainkan game tersebut. Evaluasi tersebut berguna sebagai acuan dalam perancangan ulang pada iterasi berikutnya, tetapi dalam penelitian ini hanya dilakukan satu iterasi saja dimana hasil feedbacknya dijelaskan pada subbab rekomendasi. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (research & development). Terdapat dua pendekatan dalam merancang yaitu dengan wawancara terhadap stakeholder seperti kepala sekolah, guru TIK, orang tua murid, serta mahasiswa ilmu komputer dan kumpulan landasan teori yang dijadikan acuan pengembangan. Pengumpulan data evaluasi dilakukan dengan kuesioner. Penelitian ini menyimpulkan bahwa rancangan game yang dilakukan dalam penelitian ini sudah dianggap baik menurut standar yang diacu dan juga terdapat insight mengenai bagaimana pembelajaran berbasis game masih menjadi tantangan pada pendidikan sekolah dasar di Indonesia. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Game, Perancangan Produk, Computational Thinking, Kurikulum TIK.