ABSTRAK Nama : Muslim Program Studi : Sistem Informasi Judul : Faktor-faktor Pendukung dan Penghambat serta Strategi Adopsi E-commerce dari Sisi Penjual di Indonesia Beberapa penelitian yang lalu telah melakukan penelitian tentang faktor yang berpengaruh pada adopsi e-commerce. Berkaitan dengan adopsi e-commerce, pemerintah Indonesia pada tahun 2015 juga menyatakan bahwa mereka akan mendorong penggunaan e-commerce di Indonesia. Penelitian ini akan menggunakan faktor-faktor yang sebelumnya sudah dikumpulkan oleh penelitian sebelumnya untuk merumuskan faktor yang berpengaruh pada adopsi e-commerce dari sisi penjual perorangan. Selain itu dikumpulkan pula strategi yang dianggap dapat menyukseskan adopsi e-commerce dengan metode wawancara pada responden yang berasal dari pemerintah, vendor e-commerce, dan para penjual. Hasilnya didapatkan 25 faktor pendukung dan 17 faktor penghambat yang sudah diurutkan dengan metode fuzzy-AHP dan dikategorikan dengan framework I-TOE. Selain itu berhasil pula dikumpulkan 11 strategi yang dianggap dapat menyukseskan adopsi e-commerce oleh penjual di Indonesia. Kata Kunci: adopsi e-commerce, Indonesia, penjual, fuzzy-AHP, framework I-TOE