ABSTRAK Nama : Alivia Khaira Batuparan Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Pengembangan Learning Dashboard Bagi Pengajar : Studi Kasus SCELE Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Student Centered E-learning Environment (SCELE) merupakan sebuah E-learning berbasis Moodle yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan pembelajaran di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Sebagai salah satu platform learning management system, Moodle telah menyediakan fasilitas untuk merekam aktivitas siswa pada sistem. Namun, data yang dihasilkan oleh fasilitas ini masih belum dapat digunakan secara mudah dan efisien. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kebutuhan pengajar dalam memantau aktivitas siswa pada SCELE, dan mengembangkan aplikasi learning monitoring tools yang dapat memvisualisasikan data aktivitas siswa ini sedemikian rupa agar memudahkan pengajar dalam mengamati, menganalisis, serta menarik informasi spesifik yang mereka butuhkan. Dalam pengembangan aplikasi digunakan pendekatan teori infomation architecture dan information visualization. Hasil penelitian ini adalah plugin Moodle berbentuk learning dashboard yang dapat digunakan pengajar pada SCELE di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Kata kunci: SCELE, Moodle, E-learning, dashboard, information architecture, visualization.