ABSTRAK
Corporate Shared Service (CSS) PT. XYZ merupakan fungsi yang bertanggung
jawab untuk menyediakan layanan teknologi informasi (TI) berbasis Enterprise
Resource Planning (ERP) di anak perusahaan. Sebagai organisasi shared services,
biaya operasional layanan ditagihkan ke masing-masing anak perusahaan
penerima layanan menggunakan sistem chargeback. Dalam proses perhitungan
chargeback saat ini, CSS belum memiliki acuan dalam penetapan persetujuan
permintaan pengurangan harga layanan yang diajukan oleh Anak Perusahaan.
Keputusan pengurangan harga yang kurang tepat dari manajemen akan
menyebabkan perhitungan chargeback antar anak perusahaan menjadi tidak
transparan, sehingga diperlukan pendekatan alternatif penyusunan chargeback
yang dapat memberikan dasar penetapan harga yang sesuai dengan kebutuhan dan
kemampuan masing-masing anak perusahaan.
Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan langkah-langkah penyusunan metode
chargeback layanan TI berbasis ERP dengan pendekatan customer value-based
pricing yang dapat memberikan dasar penetapan harga pada setiap anak
perusahaan. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, observasi
lapangan dan wawancara dengan manajemen CSS dan manajemen TI anak
perusahaan serta data-data yang mendukung.
Hasil dari penelitian ini adalah 8 (delapan) langkah metode penyusunan
chargeback layanan TI berbasis ERP menggunakan pendekatan customer valuebased
pricing yang memberikan dasar penentuan harga berdasarkan kebutuhan
layanan dan kemampuan yang berbeda dari masing-masing anak perusahaan.
Identifikasi jenis industri, anggaran TI, kebutuhan layanan, nilai manfaat layanan
yang diterima anak perusahaan, dan perhitungan harga perkiraan sendiri (HPS)
menggunakan pendekatan activity based costing (ABC) menghasilkan metode
penentuan harga alternatif bagi PT. XYZ dalam menyusun harga chargeback.
|