ABSTRAK

PT XYZ sebagai penyedia layanan TIMES (telecommunication, information, multimedia, edutaiment, services). PT XYZ sebagai alat kelengkapan negara salah satunya memiliki tugas untuk memenuhi program pemerintah untuk melakukan perluasan jaringan di seluruh wilayah Indonesia. Divisi Information System Center (ISC) merupakan divisi yang dipimpin oleh Senior General manager, bertanggung jawab terhadap pengembangan, operasional, dan pelaksana kebijakan/tatakelola internal Aplikasi di XYZ. Sebagai anak perusahaan XYZ, PT XYZ Akses menggunakan aplikasi Inventory Access Network yang bernama ABC sebagai platform planning & design. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kematangan aplikasi ABC di PT XYZ dengan cara mengukur kapabilitas aplikasi tersebut. Kemudian hasil tingkat kematangan tersebut digunakan sebagai acuan untuk memberikan rekomendasi dalam rangka untuk meningkatkan Layanan aplikasi ABC . Pengukuran kapabilitas dan rekomendasi yang digunakan adalah COBIT 5 dengan metode kualitatif studi kasus dan expert review. Hasil penelitian ini berupa penilaian tingkat kapabilitas 21 proses COBIT 5 yang relevan dengan permasalahan layanan aplikasi ABC di PT XYZ Indonesia serta rekomendasi untuk perbaikan layanan aplikasi ABC.