Tujuan pengembangan adalah mencari alternatif lain dari alat masukan komputer yang telah ada untuk komunikasi antara manusia dengan komputer. Masalah utama dalam penelitian ini adalah menentukan titik2 3D obyek koordinat alam dati titik2 2D koordinat citra. Model transformasi yg digunakan adalah model OTOKO (Ohmura-Tomono-Kobayashi). Perhitungan numerik pada model ini menggunkan iterasi Newton-Raphsons untuk mendapatkan vektor posisi 3D. Berdasarkan metoda yg dipelajari melalui studi literatur, penelitian ini dilakukan secara simulatif untuk menghasilkan perhitungan statistik. Juga dilakukan penelitian alat. Alat penunjang berupa kamera RGB untuk merekam obyek, dan komputer PC untuk program perhitungan. Dari hasil penelitian yg dilakukan, berdasarkan perhitungan statistik didapat kesimpulan bahwa obyek yang diamati"menggeleng" atau mengangguk". Ini mbmeuktikan bahwa metode OTOKO cukup efektif untuk mencari titik 3D dari titik 2D. Untuk masa yang akan datang penelitian yang hanya bersifat percobaan laboratorium ini bisa dikembangkan dengan menggunakan peralatan yang lebih memadai serta kondisi yang lebih memungkinkan, agar dapat lebih bermanfaat secara praktis.