ABSTRAK
Nama : Tony Purba
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Animasi Skeletal 3-D dari Model Manusia Menggunakan
Teknik Keyframing pada Hasil Motion Capture dari Sensor
Kinect
Animasi merupakan proses memberikan gambaran bergerak kepada
sesuatu objek dua atau tiga dimensi yang statik agar terlihat hidup. Proses animasi
tiga dimensi sendiri merupakan suatu prosesnya yang umumnya terdiri dari empat
tahapan yaitu modeling, animating, texturing, dan rendering. Pada ke empat
tahapan tersebut proses animating merupakan proses yang membutuhkan waktu
terlama dalam pengerjaan dan pembuatannya. Dalam pembuatan proses animating
terdapat dua teknik yang umumnya dipergunakan yaitu Keyframing dan Motion
Capture. Masing-masing teknik tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan
masing-masing, sehingga pada penelitian ini diusulkan penerapan gabungan
kedua metode di dalam proses animating agar menghasilkan kualitas animasi
yang lebih baik yang dapat diukur melalui tingkat akurasi error MSE (Mean
Square Error). Penerapan teknik Motion Capture menggunakan sensor kinect,
sedangkan pada teknik keyframing menerapkan tiga buah teknik yaitu Sampleand-
hold, Linear, dan Bezier.
Kata Kunci:
Animasi, Motion Capture, Keyframing, Kinect
|
|