ABSTRAK
Nama : Devi Fadhlullahi Alaika
Program Studi : Sistem Informasi
Judul Kerja Praktik : Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku
Pengguna dalam Mencapai Kredibilitas Informasi
melalui Proses Information Sharing pada Situs
Facebook dan Twitter GO-JEK
Kunci kesuksesan dari pengembangan media sosial adalah partisipasi aktif dari
penggunanya. Partisipasi tersebut dapat diukur melalui keaktifan pengguna media
sosial dalam melakukan information sharing. Untuk dapat meningkatkan efektifitas
information sharing pada media sosial, perlu diketahui faktor-faktor apa saja yang
memotivasi pengguna dalam menghasilkan perilaku information sharing. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pengguna
dalam melakukan information sharing pada media sosial yang digunakan oleh
perusahaan GO-JEK yaitu Facebook dan Twitter. Faktor-faktor tersebut dilihat dari
perspektif teori motivasi dan teori attachment menggunakan pendekatan kuantitatif.
Pada penelitian ini diperoleh 370 data responden yang merupakan pengguna media
sosial GO-JEK (Facebook atau Twitter). Data dianalisis dengan menggunakan metode
Structural Equation Modelling (SEM) melalui aplikasi AMOS 21.0. Berdasarkan hasil
analisis didapatkan bahwa faktor social interaction dan self-efficacy memiliki
pengaruh signifikan terhadap attachment seseorang pada media sosial dan pengguna
lain yang menggunakan media sosial yang sama. Sementara itu, faktor altruism
tendency tidak memengaruhi attachment seseorang pada media sosial dan pengguna
lain yang menggunakan media sosial yang sama. Selain itu, faktor identity-based
attachment dan bond-based attachment memiliki pengaruh signifikan dalam
mendorong perilaku seseorang untuk melakukan aktivitas information sharing pada
media sosial. Aktivitas information sharing tersebut diketahui dapat menghasilkan
kredibilitas informasi.
Kata kunci:
AMOS, bond-based attachment, Facebook, identity-based attachment, information
sharing, kredibilitas informasi, media sosial, teori motivasi, Twitter.
|
|