ABSTRAK

Sebagai perusahaan penyedia layanan Teknologi Informasi (TI), PT. AS harus bisa memastikan layanan yang diberikan sesuai dengan yang diharapkan. Penurunan layanan dapat mempengaruhi pencapaian nilai Service Level Agreement (SLA). Penelitian ini melakukan evaluasi terhadap proses layanan TI di PT. AS, untuk mengetahui sejauh mana kondisi penerapan layanan TI di PT. AS agar dapat memenuhi pencapaian SLA. Penelitian mengunakan gabungan COBIT 5 dan ITIL v3 2011 dalam proses evaluasi. Penelitian dimulai dengan memetakan service lifecycle ITIL v3 2011 kedalam proses COBIT 5 dan kemudian menentukan proses yang relevan dengan permasalahan dalam pencapaian SLA. Terpilih lima proses yang kemudian dilakuan evaluasi tingkat kapabilitas proses dengan panduan dari COBIT 5 Process Assessment Model. Dari lima proses, hanya satu yang berada di level 3 (managed) dan empat lainnya berada di level 1 (performed) . Dibagian akhir penelitian, dilakukan penentuan target pencapaian, analisis gap dan tahapan rekomendasi perbaikan untuk mencapai target level yang diinginkan.