Skripsi ini berisi mengenai pengujian kecocokan representasi icon dalam suatu perangkat lunak komputer, dimana pengujian tersebut dilakukan dengan mental model pemakai Indonesia. Sebagai sampel pengujian diambil icon-icon dari beberapa perangkat lunak yang telah beredar di pasaran Indonesia, dan icon-icon yang diambil merupakan representasi dari operasi-operasi d asar dalam sistem komputer yang berbasis grafis dan menggunakan teknik manipulasi teknik manipulasi langsung. Melalui penelitian ini, akandilihat seberapa jauh icon-icon -yang pada dasarnya masuk dari 'luar Indonesia' - tersebut bisa sesuai dengan mental model pemakai Indonesia, dan bagaiman bentuk-bentuk icon yang disarankan oleh pemakai Indonesia untuk merepresentasikan suatu operasi dasar, serta apakah penggambaran icon dalam 2 dan 3 dimensi mempengaruhi penilaian kesesuaian oleh pemakai. Skripsi ini termasuk dalam rumpun bidang Interaksi Manusia-Komputer (IMP) atau Human-Computer Interaction (HCI). Instrumen pengujian dalam penelitian ini selain dilakukan di atas kertas, juga dengan menggunakan perangkat lunak pengujian yang dinamakan KONAKIN! yang dikembangkan pada PC-386 dengan menggunakan perangkat lunak Authorware Professional version 2.0 for Windows tm KONAKIN! terdiri dari: eksperimen-satu yang akan 'menangkap' mental model yang masih 'murni' dari pemakai terhadap suatu gambar icon dan eksperimen-dua yang akan melihat pilihan dan penilaian pemakai terhadap gambar icon untuk suatu operasi dasar setelah pemakai melihat animasi dari operasi tersebut. Dari penelitian ini terlihat bahwa permasalahan mengenai interaksi berbasis icon khususnya yang berhubungan dengan mental model pemakai (Indonesia) masih sangat layak untuk ditelaah lebih jauh
|
|