ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah merancang sistem manajemen pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan konsultan teknologi informasi PT. Magna Solusi Indonesia (PT. MSI). Perancangan sistem manajemen pengetahuan PT. MSI menggunakan dua fase (evaluasi infrastruktur dan analis, perancangan dan pengembangan sistem manajemen pengetahuan) dan tujuh langkah yang terdapat pada metodologi yang dikemukakan oleh Tiwana (2002). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan. Hasil analisis menunjukkan bahwa perancangan sistem manajemen pengetahuan paling sesuai dibangun dengan menggunakan web application platform. Sistem manajemen pengetahuan, PT. MSI menekankan pada tiga proses pengetahuan yaitu menemukan pengetahuan, menggunakan pengetahuan, dan menggunakan & menvalidasi kembali pengetahuan. Berdasarkan proses ini, maka fitur-fitur yang dibangun dalam sistem manajemen pengetahuan adalah document management. knowledge base, forum dan search & retrieval. Selain itu terdapat konten pencarian dalam sistem manajemen pengetahuan yang terdiri dari activities (bagian), domain (topik), type, product & services, location. Prototype sistem manajemen menggunakan enam layer arsitektur manajemen pengetahuan, yaitu repository, transport layer, application layer, collaborative filtering, access and authentication layer dan interface layer