ABSTRAK
ABSTRAK
Dengan dibukanya bisnis migas tanah air ke para pemain baru, PT. Pertamina dituntut berbenah diri agar tetap bisa menjadi leader di pasar dalam negeri. Bahkan PT. Pertamina berani membuka diri dengan men-targetkan pasar luar negeri. Untuk itu, perlu disusun strategi bisnis jangka panjang yang memperhitungkan masuknya pesaing baru dan meluasnya target pasar migas PT. Pertamina. Berbagai peluang bisnis dijajaki, dari sisi penghematan biaya hingga inisiatif membuka potensi keuntungan baru. Strategi-strategi perusahaan yang dibuat sangat erat kaitannya dengan teknologi informasi. Dalam kegiatan operasional bisnis Pertamina masih terdapat kendala yang menghambat pengambilan keputusan yang cepat maupun membatasi potensi keuntungan yang dapat diraih oleh Pertamina. Berbagai kendala yang ditemukan beberapa erat kaitannya dengan SI/TI Pertamina. Untuk itu, perlu dilakukan tindakan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut terutama yang terkait erat dengan SI/TI di Pertamina. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk membuat perencanaan strategis sistem informasi yang dapat selaras dan mendukung kesuksesan strategi perusahaan PT. Pertamina. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model perencanaan strategis sistem informasi Ward & Peppard dengan Metode yang digunakan adalah Analisa PESTEL, Value Chain,Critical Success Factor Analisa SWOT, McFarlan’s Strategic Grid, dan Trend Teknologi. Dengan mengidentifikasi kekuatan dan kendala bisnis di Pertamina baik dari sisi bisnis maupun SI/TI, disusun strategi bisnis yang baru. Berdasarkan strategi bisnis tersebut disusun strategi SI/TI. Hasil dari penelitian ini berupa Perencanaan Strategis SI/TI yang meliputi strategi SI, strategi TI, dan strategi manajemen SI/TI yang sejalan dengan strategi bisnis dan visi & misi PT. Pertamina. Dengan perencanaan strategis SI/TI yang dibuat dalam penelitian ini, Pertamina dapat menekan bahkan menghilangkan kendala bisnis dan operasional yang terkait erat dengan kinerja dan manajemen SI/TI di Pertamina.
|