ABSTRAK

Perkembangan teknologi informasi saat ini berdampak ke segala aspek kehidupan, temasuk salah satunya dalam instrumen pembayaran. Sehingga saat ini bermunculan berbagai produk uang elektroni k(emoney) yang dapat digunakan masyarakat. Salah satu produk uang elektronik tersebut adalah UNIK yang telah hadir sejak Juli 2015 namun perkembangan uang elektronik ini bersifat stagnan dikarenakan total transaksi dan total pengguna hanya mencapai setengah dari yang ditargetkan. Untuk meningkatkan pengguna UNIK maka penelitian dilakukan untuk mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi penggunaan uang elektronik oleh masyarakat. Penelitian menggunakan model TAM, dengan tambahan variabel yaitu trust, perceived security, dan social influence. Metode pengumpulan data dengan survei, metode pengolahan dan pengumpulan data dengan analisis SEM, dan alat bantu SmartPls. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor - faktor yang mempengaruhi penggunaan uang elektronik berbasis server adalah trust, social influence, perceived ease of use, serta perceived usefulness