Sistem informasi geografis memproses data spasial, yang dapat direpresentasikan dengan struktur raster atu vektor. Representasi dengan struktur vektor lebih berkembang, padalah struktur datta vekor membutuhkan algoritma yang rumit untuk melakukan proses kombinasi beberapa peta dan proses analisa data spasial [Burr87}. Kerumitan itu tidak terjadi pada struktur data raster. Selain itu struktur vektor perlu konversi data raster ke vektor yang dapat menyebabkan detil data akibat pereduksian. Kendala utama implementasi struktur data raster berkenaan dengan media penyimpanan, karena membutuhkan ruang penyimpanan datat yang besar. Alternatif pemecahan masalah tersebut menggunakan struktur data quadtree ayng banyak dikembangkan oleh banyak alhli[Same90]. Pada dasarnya reprenstasi quadree ada dua jenis; (1) Quadtree berpointer (Pointer quadtree), diimplementasikan dengan pohon (tree). (2) Quadtree tak berpointer (Pointerless Quadtree), yang diimplentasikan dengan list dari blok-blok. Dalam rangka memilih jenis representasi yang tepat untuk diimplementasikan pada kernel sistem informasi geografis berbasis raster, tugas akhir ini mengimplementasikan prototipe kernel berasis quadtree berpointer dan tak-berpointer, dan kemudian melakukan uji unjuk kerja setiap primitif-primitif yang diimplementasikan (rotasi, translasi, dan sebaginya). Adapun parameter dari pengujian adalah waktu dan ruang penyimpanan data. Dari haisl unjuk kerja tersebut dilakukan analisa perbandingan.
|
|