ABSTRAK
ABSTRAK
Nama : Faisal Agus Tri Putra
Program Studi : Magister Ilmu Komputer
Judul : Evaluasi Learning Analytics Metrics dan Dashboard dalam
Pembelajaran Proyek Perangkat Lunak
Learning analytics merupakan teknik yang digunakan untuk melakukan
pemantauan aktivitas pembelajaran dengan menggunakan metrik tertentu yang
dianggap relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh
data filtering terhadap kualitas nilai metrik, mengetahui metrik-metrik yang
relevan, kegunaan learning analytics dashboard pada konteks pembelajaran
proyek perangkat lunak, dan membandingkan learning analytics dashboard yang
didasarkan pada korelasi metrik dengan dashboard yang memiliki urutan acak.
Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif berupa pengorelasian metrik
dengan nilai yang diberikan dosen, penggunaan SUS untuk evaluasi dashboard,
penggunaan Fishing Irwin Test dan T Test untuk evaluasi perbandingan
dashboard. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif dengan melakukan
usability testing dengan kerangka lease-our-lease untuk mengevaluasi dashboard.
Teknik data filtering sederhana seperti pembatasan jumlah karakter, jumlah baris
kode, dan jumlah perubahan file dapat meningkatkan kualitas metrik kecuali
metrik yang terkait dengan code review system. Terdapat enam metrik yang
relevan dalam kasus pembelajaran proyek perangkat lunak yakni commit count,
line of code, file ownership count, issue count, assigned issue count, dan issue
comment count. Ditinjau dari sisi kegunaan, dashboard yang dikembangkan
dianggap cukup baik dan dapat diterima oleh user dengan skor System Usability
Scale sebesar 70,75 dari skala 0-100. Hasil perbandingan dashboard dengan
urutan berdasarkan nilai korelasi dan acak menunjukkan bahwa dashboard
dengan urutan berdasarkan korelasi lebih baik secara signifikan pada satu
indikator dan tidak signifikan pada dua indikator lain.
Kata Kunci: Learning Analytics, Metrik, Dashboard, Data Filtering
|