ABSTRAK

ABSTRAK Nama : Faisal Agus Tri Putra Program Studi : Magister Ilmu Komputer Judul : Evaluasi Learning Analytics Metrics dan Dashboard dalam Pembelajaran Proyek Perangkat Lunak Learning analytics merupakan teknik yang digunakan untuk melakukan pemantauan aktivitas pembelajaran dengan menggunakan metrik tertentu yang dianggap relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh data filtering terhadap kualitas nilai metrik, mengetahui metrik-metrik yang relevan, kegunaan learning analytics dashboard pada konteks pembelajaran proyek perangkat lunak, dan membandingkan learning analytics dashboard yang didasarkan pada korelasi metrik dengan dashboard yang memiliki urutan acak. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif berupa pengorelasian metrik dengan nilai yang diberikan dosen, penggunaan SUS untuk evaluasi dashboard, penggunaan Fishing Irwin Test dan T Test untuk evaluasi perbandingan dashboard. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif dengan melakukan usability testing dengan kerangka lease-our-lease untuk mengevaluasi dashboard. Teknik data filtering sederhana seperti pembatasan jumlah karakter, jumlah baris kode, dan jumlah perubahan file dapat meningkatkan kualitas metrik kecuali metrik yang terkait dengan code review system. Terdapat enam metrik yang relevan dalam kasus pembelajaran proyek perangkat lunak yakni commit count, line of code, file ownership count, issue count, assigned issue count, dan issue comment count. Ditinjau dari sisi kegunaan, dashboard yang dikembangkan dianggap cukup baik dan dapat diterima oleh user dengan skor System Usability Scale sebesar 70,75 dari skala 0-100. Hasil perbandingan dashboard dengan urutan berdasarkan nilai korelasi dan acak menunjukkan bahwa dashboard dengan urutan berdasarkan korelasi lebih baik secara signifikan pada satu indikator dan tidak signifikan pada dua indikator lain. Kata Kunci: Learning Analytics, Metrik, Dashboard, Data Filtering