Pengajaran berbantuan komputer telah berkembang cukup lama, dari bentuk yang sederhana seperti drill-and-practice dan tutorial sampai ke bentuk yang kompleks seperti pengajaran berbantuan komputer yang bersifat intelijen atau cerdas. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, perangkat ajar di dalam pengajaran berbantuan komputer haruslah memberikan kemungkinan-kemungkinan sehingga pemakainya dapat mengolah informasi sedalam mungkin. Pengolahan informasi yang dalam akan sangat membantu penyimpanan informasi di dalam memori seseorang, yang akan mempengaruhi jangka waktu ingatan akan informasi tersebut. Pengolahan informasi ini sangat dipengaruhi oleh rancangan instruksional dari perangkat ajar dan pemakaian strategi belajar yang tepat oleh pemakai perangkat ajar. Tugas akhir ini berupa penelitian tentang pengembangan perangakt ajar sederhana yang selain mengajarkan materi, juga memiliki kemampuan untuk mendukung penggunaan dan pengembangan strategi belajar. Strategi belajar yang dipilih adalah strategi belajar pengolahan informasi, yang terdiri dari empat strategi belajar utama, yaitu strategi belajar pengulangan, integrasi, organisasi, dan elaborasi. Dukungan utama yang akan diberikan oleh perangkat ajar adalah penanganan masukan, pengenalan strategi belajar berdasarkan masukan tersebut, serta penyediaan umpan balik kepada pemakai tentang kondisi dan unjuk kerja dari pemakai tersebut. Penelitian dilakukan dengan melakukan studi pustaka, pengumpulan data-data kognifnitif strategi belajar, pembuatan program sederhana yang mengimplementasikan modul pendukung penggunaan strategi belajar.