ABSTRAK
Laporan ini membahas tentang pelaksanaan kerja praktik yang telah penulis laksanakan dalam durasi enam minggu pada bulan Juli hingga Agustus 2016. Penulis melaksanakan kerja praktik pada suatu perusahaan yang bernama PT. Rekan Usaha Mikro Anda (RUMA). Pada saat melaksanakan kerja praktik, penulis tergabung ke dalam Talent Team yang merupakan bagian dari Human Capital Division. Talent Team bertanggung jawab untuk menemukan kandidat yang paling cocok untuk seluruh posisi di perusahaan; bertemu dengan orang-orang dari dalam perusahaan maupun institusi lain untuk berbagi tentang visi, misi, dan tujuan perusahaan; menjangkau kandidat yang potensial untuk perusahaan dengan metode komunikasi yang relevan; dan bertindak sebagai penghubung antara perusahaan dengan institusi pendidikan, organisasi mahasiswa, atau lembaga apapun yang memiliki potensi untuk mengisi kebutuhan talenta di perusahaan. Sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi, tentunya terdapat orang-orang yang secara khusus menangani kebutuhan dari Technology Team. Penulis tergabung dalam tim tersebut dengan beberapa tugas khusus, yaitu melakukan riset pengguna, data, dan performa (trend analysis) dari kanal informasi digital (communication platform) perusahaan; analisis search engine optimization berikut rekomendasinya bagi perusahaan; dan bekerja sama dengan penggerak perusahaan dari berbagai demi menciptakan strategi campaign (digital marketing) yang efektif dan efisien bagi perusahaan. Pada pelaksanaan kerja praktik, tak jarang penulis mengalami berbagai kendala, karena teori yang dipelajari pada bangku perkuliahan tidak selalu sama dengan yang dijumpai pada dunia kerja. Namun, penyelia kerja praktik dan tim senantiasa membantu penulis untuk belajar dan menghadirkan solusi dari permasalahan yang ada. Penulis mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman yang berharga baik dari sisi teknis maupun non-teknis.
Kata kunci: communication platform, digital marketing, human capital, search engine optimization, trend analysis
|