ABSTRAK Nama : Shilvia Lesmina Br Silalahi Program Studi : Sistem Informasi Judul : Mengukur Kualitas Layanan pada Faktor Teknologi untuk Aplikasi Transportasi Online Studi Kasus: GO-JEK, Grab, dan Uber Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas layanan transportasi online yang berfokus pada faktor teknologi dan mencakup tiga dimensi kualitas layanan, kualitas informasi, dan kualitas sistem. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik Entropy dan kualitatif. Jumlah responden untuk penelitian ini sebanyak 1.670 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga transportasi online memiliki kualitas paling baik di empat kriteria yang sama yaitu perceived cognitive, ease of use, perceived application innovativeness, dan billing. Sementara itu, ketiga transportasi online memiliki kualitas layanan dengan bobot paling kecil pada lima kriteria yang sama yaitu privacy, interactivity, compensation, trust, dan perceived risk. Kata Kunci: Kualitas layanan, mobile commerce, teknik Entropy, transportasi online