ABSTRAK Nama : Septiani Andriane Br.Sinaga Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Kegiatan Berbagi Pengetahuan pada Komunitas Customer-to-Customer (C2C) E-Commerce: Studi Kasus Bukalapak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis informasi atau pengetahuan yang dibagikan di komunitas C2C e-commerce serta motivasi anggota komunitas untuk membagikan pengetahuannya pada komunitas tersebut. Pada penelitian ini diperoleh 105 data responden yang merupakan penjual Bukalapak yang pernah membagikan pengetahuannya pada komunitas tersebut serta diambil sampel 1.002 data post pada bulan April 2016, Mei 2016, Juni 2016, Juli 2016, Januari 2017, dan Maret 2017 di komunitas online Bukalapak yang akan merepresentasikan informasi dan pengetahuan yang dibagikan di komunitas tersebut. Data dianalisis dengan menggunakan descriptive statistic dan netnographic study. Hasil pada penelitian ini adalah pengelompokkan informasi dan pengetahuan dan didapatkan pula bahwa 10 faktor yang berpengaruh terhadap motivasi anggota komunitas dalam berbagi pengetahuan: enjoying helping, community-related outcome expectation, sense of self-worth, self-efficacy, role model, identification-based trust, information-based trust, reciprocity, personal outcome expectation, dan social support, sedangkan reputation didapatkan bukan merupakan faktor yang memotivasi individu dalam membagikan pengetahuannya pada komunitas online. Kata Kunci: komunitas online, berbagi pengetahuan, C2C e-commerce, netnographic study, descriptive statistic