ABSTRAK
Nama : Adhika Pradipta Dhaneswara
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Pengaruh Faktor pada Vlog Terhadap Pembelian
Secara Impulsif menggunakan Stimulus Organism Response
Model
Meningkatnya popularitas vlog di YouTube memberikan peluang baru bagi ritel
dan vloggers untuk mempengaruhi keputusan pembelian secara impulsif
pengguna YouTube. Pembelian impulsif adalah keputusan pembelian secara tibatiba
dan tidak terencana yang terjadi karena adanya stimulus. Sebuah vlog
menyajikan banyak stimulus yang dapat mempengaruhi pembelian impulsive
pengguna. Berdasarkan penelitian sebelumnya, interaksi parasosial yang
berkembang antara vlogger dan pengguna mampu mempengaruhi pembelian
impulsif pengguna. Namun, stimulus dari aspek vlog itu sendiri belum pernah
diteliti sebelumnya. Studi ini mencoba untuk menentukan faktor vlog mana yang
bertindak sebagai stimulus dan akan mendorong pembelian secara impulsif.
Penulis membagi vlog menjadi tiga aspek yaitu vlogger related factors, task
related factors, dan mood related factors. Setiap faktor ini akan diolah secara
psikologis oleh seorang individu dimana proses psikologis ini diwakili dengan
faktor-faktor yaitu perceived enjoyment, perceived usefulness, dan parasocial
interaction yang akan menentukan keputusan pembelian secara impulsif.
Pengembangan model ini mengadaptasi stimulus organism response model untuk
menggambarkan pembelian impuls di lingkungan vlog. Sebanyak 1084 data yang
dianalisis menunjukkan bahwa pembelian secara impulsif dipengaruhi oleh
parasocial interaction dan perceived usefulness. Dalam penelitian ini, parasocial
interaction sangat dipengaruhi oleh attitude homophily yang terjadi terhadap
vlogger. Perceived usefulness dalam penelitian ini sangat dipengaruhi oleh faktor
informativeness.
Kata Kunci:
Parasocial interaction, task related
|
|