ABSTRAK Nama : Rahma Khairunisa Nursalamah Program Studi : Sistem Informasi Judul : Pengembangan Alternatif Desain Interaksi E-Commerce Qlapa.com Berdasarkan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Purchase Intention Terjadi perubahan perilaku masyarakat Indonesia dalam berbelanja. Perubahan ini manghasilkan peningkatan transaksi online yang terbilang tinggi di Indonesia dan dianggap sebagai peluang besar bagi pelaku e-Commerce. Karenanya, pelaku e- Commerce di Indonesia bersaing dalam kompetisi yang cukup ketat. Salah satu pelaku e-Commerce di Indonesia adalah Qlapa.com, yaitu sebuah e-Commerce C2C yang hanya menjual produk handmade. Agar e-Commerce, termasuk Qlapa.com, dapat bersaing dalam kompetisi, customer retention perlu dicapai. Salah satu solusi untuk mencapainya adalah melalui usability platform yang baik. Namun, pembelian harus lebih dulu terjadi sebelum customer retention dicapai dan suatu pembelian terjadi ketika pengguna platform memiliki purchase intention. Dilakukan penelitian untuk mengevaluasi Qlapa.com berdasarkan faktor-faktor yang memengaruhi purchase intention. Selain itu, juga diciptakan alternatif desain interaksi Qlapa.com berdasarkan faktor-faktor yang memengaruhi purchase intention. Faktor-faktor yang memengaruhi purchase intention yang digunakan pada penelitian ini adalah faktor-faktor usability dan faktor-faktor pembelian handamde. Evaluasi yang dilakukan menggunakan usability testing dan wawancara kontekstual. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Qlapa.com saat ini memiliki isu pada semua faktor-faktor usability dan faktor-faktor pembelian handmade perlu dilibatkan pada beberapa poin perbaikan. Selain itu, alternatif desain interaksi yang diciptakan dalam bentuk prototipe high fidelity dapat dikatakan memperbaiki beberapa isu faktor-faktor usability tersebut. Platform jual-beli produk handmade seperti Qlapa.com perlu lebih selektif dalam menyajikan konten, karena menjual jenis produk yang cukup spesifik, serta melakukan user research dan usability evaluation secara berkala agar nantinya dapat mencapai customer retention dengan optimal. Kata Kunci: desain interaksi, e-Commerce, purchase intention vi