ABSTRAK
Nama : Rahma Khairunisa Nursalamah
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Pengembangan Alternatif Desain Interaksi E-Commerce
Qlapa.com Berdasarkan Faktor-Faktor yang Memengaruhi
Purchase Intention
Terjadi perubahan perilaku masyarakat Indonesia dalam berbelanja. Perubahan ini
manghasilkan peningkatan transaksi online yang terbilang tinggi di Indonesia dan
dianggap sebagai peluang besar bagi pelaku e-Commerce. Karenanya, pelaku e-
Commerce di Indonesia bersaing dalam kompetisi yang cukup ketat. Salah satu
pelaku e-Commerce di Indonesia adalah Qlapa.com, yaitu sebuah e-Commerce C2C
yang hanya menjual produk handmade. Agar e-Commerce, termasuk Qlapa.com,
dapat bersaing dalam kompetisi, customer retention perlu dicapai. Salah satu solusi
untuk mencapainya adalah melalui usability platform yang baik. Namun,
pembelian harus lebih dulu terjadi sebelum customer retention dicapai dan suatu
pembelian terjadi ketika pengguna platform memiliki purchase intention. Dilakukan
penelitian untuk mengevaluasi Qlapa.com berdasarkan faktor-faktor yang
memengaruhi purchase intention. Selain itu, juga diciptakan alternatif desain interaksi
Qlapa.com berdasarkan faktor-faktor yang memengaruhi purchase intention.
Faktor-faktor yang memengaruhi purchase intention yang digunakan pada penelitian
ini adalah faktor-faktor usability dan faktor-faktor pembelian handamde. Evaluasi
yang dilakukan menggunakan usability testing dan wawancara kontekstual.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Qlapa.com saat ini memiliki isu pada semua
faktor-faktor usability dan faktor-faktor pembelian handmade perlu dilibatkan
pada beberapa poin perbaikan. Selain itu, alternatif desain interaksi yang diciptakan
dalam bentuk prototipe high fidelity dapat dikatakan memperbaiki beberapa
isu faktor-faktor usability tersebut. Platform jual-beli produk handmade seperti
Qlapa.com perlu lebih selektif dalam menyajikan konten, karena menjual jenis produk
yang cukup spesifik, serta melakukan user research dan usability evaluation
secara berkala agar nantinya dapat mencapai customer retention dengan optimal.
Kata Kunci:
desain interaksi, e-Commerce, purchase intention
vi
|
|