ABSTRAK Nama : Dini Seprilia Program Studi : Sistem Informasi Judul : Penggunaan Mobile Learning dalam Memperkaya Proses Belajar di Luar Kelas pada Tingkat Sekolah Menengah Atas: Studi Kasus Aplikasi Ruangguru dan Line Academy Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penerimaan dan harapan pengguna, baik pengajar dan murid, sebagai bahan evaluasi terhadap implementasi mobile learning. Objek penelitian ini adalah Ruangguru.com dengan layanannya berupa aplikasi Ruangguru dan Line Academy. Faktor-faktor ditinjau dari studi penelitian sebelumnya dan diuji melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil kuesioner kepada murid dan dianalisis dengan menggunakan metode Entropy untuk mengetahui bobot dari masing-masing faktor, sedangkan data kualitatif dianalisis berdasarkan hasil wawancara dengan pengajar dan manajemen Ruangguru.com. Penelitian ini menunjukkan bahwa guru dan murid sepakat nilai mobilitas menjadi faktor utama yang memengaruhi penggunaan aplikasi Ruangguru dan Line Academy. Faktor lainnya adalah sikap menggunakan teknologi, gaya pembelajaran, informasi yang tersedia, fasilitas yang mendukung, niat penggunaan, kemudahan penggunaan, kesenangan pengguna, manfaat yang dirasakan, inisiatif, kemampuan individu, dan pengaruh sosial. Kata Kunci: mobile learning, sekolah menengah atas, penerimaan pengguna, Entropy,