ABSTRAK
Nama : Dhanang Hadhi Sasmita
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Aspect Based Sentiment Analysis pada Ulasan Restoran
Bahasa Indonesia dengan Metode Unsupervised
Sebuah ulasan barang atau jasa merupakan salah satu faktor penting bagi konsumen
untuk memutuskan pembelian barang atau jasa tersebut. Seiring dengan akses informasi
yang cepat lewat internet saat ini, konsumen dapat dengan mudah memperoleh
informasi ulasan sebuah barang atau jasa pada situs ulasan atau web review.
Namun, dengan jumlah ulasan yang banyak tersedia membuat konsumen sulit untuk
mendapatkan intisari dari ulasan sebuh barang atau jasa. Untuk menyelesaikan
permasalahan tersebut, saat ini banyak penelitian dilakukan pada topik aspect based
sentiment analysis (ABSA). Pada topik tersebut terdapat 2 tugas utama yang perlu
dilakukan, yaitu aspect extraction dan aspect’s sentiment orientation classification.
Selain itu, kedua tugas tersebut juga dievaluasi secara terpisah. Pada penelitian
ini, penulis mencoba melakukan aspect extraction untuk aspek FOOD, PRICE,
AMBIENCE, dan SERVICE beserta orientasi sentimenya dari 200 ulasan restoran
berbahasa Indonesia. Penulis mengusulkan beberapa metode unsupervised untuk
menyelesaikan tugas ini. Untuk menyelesaikan tugas aspect extraction, penulis
menggunakan kamus kategori aspek berbagai ukuran yang dibangun menggunakan
word embedding. Hasil F1score terbaik yang diperoleh pada tugas tersebut adalah
sebesar 88,40%. Kemudian, untuk tugas aspect’s sentiment orientation classification
penulis menggunakan kamus kata positif dan negatif yang dikombinasikan
dengan beberpa metode lainnya, seperti pointwise mutual information (PMI) dan
word similarity. Hasil accuracy terbaik yang diperoleh pada tugas tersebut adalah
sebesar 75,76% menggunakan kombinasi kamus ekspansi kata positif dan negatif
dan PMI.
Kata Kunci:
ulasan restoran, ABSA, unsupervised, kamus, word embedding, pointwise mutual
information
|
|