ABSTRAK Nama : Ammar Fathin Sabili Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Tabling Gabungan pada Abduction dan Updating Program Logika Memasuki era teknologi yang kompetitif, kecerdasan buatan digunakan secara global dalam aplikasi yang nyata untuk membantu manusia dalam meraih efektivitas dan efisiensi di berbagai aspek dalam bentuk agen cerdas (intelligent agent). Salah satu isu penting yang perlu diperhatikan oleh agen cerdas adalah proses pengambilan keputusan. Sebuah agen cerdas perlu melakukan penalaran untuk mengambil keputusan yang rasional dan peka terhadap lingkungannya sehingga dapat mempelajari pengetahuan baru, baik dari pengamatannya maupun penyesuaian diri dengan penalaran yang telah dilakukannya. Abduction adalah sebuah bentuk penalaran; dalam penalaran tersebut, seseorang akan memilih sebuah penjelasan yang paling masuk akal untuk menjelaskan pengamatannya. Ketika pengetahuan sebuah agen direpresentasikan dengan program logika, abduction dapat dilakukan menggunakan program logika abductive. Sedangkan kepekaan agen baik dari lingkungan maupun dari penalarannya sendiri untuk mempelajari pengetahuan baru dapat dilakukan menggunakan program logika updating. Penggunaan gabungan abduction dan updating program logika mengizinkan sebuah agen cerdas mengambil keputusan yang rasional sekaligus mempelajari pengetahuan yang baru dengan pengetahuan berbasis program logika. Dalam pemrograman logika, tabling diperkenalkan untuk mengizinkan penggunaan ulang sebuah solusi alih-alih melakukan komputasi ulang. Penggunaan tabling untuk gabungan abduction dan updating pertama kali diusulkan oleh Pereira dan Saptawijaya yang kemudian diterapkan di bidang machine ethics, yakni pengambilan keputusan agen yang berkaitan dengan moral. Pada Tugas Akhir ini, pendekatan tersebut dirumuskan dan diimplementasikan sekaligus menyelesaikan isu-isu implementasi, baik dari pengembangan sebelumnya maupun yang baru diidentifikasi. Setelah itu, eksperimen dilakukan untuk mengilustrasikan proses pengambilan keputusan berdasarkan penalaran abduction dan kepekaan agen cerdas terhadap lingkungannya melalui updating pada dua bidang yang berbeda yaitu ambient intelligence dan machine ethics. Kata Kunci: abduction, agen cerdas, program logika, tabling, updating viii