ABSTRAK
Nama : Ammar Fathin Sabili
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Tabling Gabungan pada Abduction dan Updating Program
Logika
Memasuki era teknologi yang kompetitif, kecerdasan buatan digunakan secara
global dalam aplikasi yang nyata untuk membantu manusia dalam meraih efektivitas
dan efisiensi di berbagai aspek dalam bentuk agen cerdas (intelligent agent).
Salah satu isu penting yang perlu diperhatikan oleh agen cerdas adalah proses
pengambilan keputusan. Sebuah agen cerdas perlu melakukan penalaran untuk
mengambil keputusan yang rasional dan peka terhadap lingkungannya sehingga dapat
mempelajari pengetahuan baru, baik dari pengamatannya maupun penyesuaian
diri dengan penalaran yang telah dilakukannya. Abduction adalah sebuah bentuk penalaran;
dalam penalaran tersebut, seseorang akan memilih sebuah penjelasan yang
paling masuk akal untuk menjelaskan pengamatannya. Ketika pengetahuan sebuah
agen direpresentasikan dengan program logika, abduction dapat dilakukan menggunakan
program logika abductive. Sedangkan kepekaan agen baik dari lingkungan
maupun dari penalarannya sendiri untuk mempelajari pengetahuan baru dapat dilakukan
menggunakan program logika updating. Penggunaan gabungan abduction
dan updating program logika mengizinkan sebuah agen cerdas mengambil keputusan
yang rasional sekaligus mempelajari pengetahuan yang baru dengan pengetahuan
berbasis program logika. Dalam pemrograman logika, tabling diperkenalkan
untuk mengizinkan penggunaan ulang sebuah solusi alih-alih melakukan komputasi
ulang. Penggunaan tabling untuk gabungan abduction dan updating pertama kali
diusulkan oleh Pereira dan Saptawijaya yang kemudian diterapkan di bidang machine
ethics, yakni pengambilan keputusan agen yang berkaitan dengan moral. Pada
Tugas Akhir ini, pendekatan tersebut dirumuskan dan diimplementasikan sekaligus
menyelesaikan isu-isu implementasi, baik dari pengembangan sebelumnya maupun
yang baru diidentifikasi. Setelah itu, eksperimen dilakukan untuk mengilustrasikan
proses pengambilan keputusan berdasarkan penalaran abduction dan kepekaan agen
cerdas terhadap lingkungannya melalui updating pada dua bidang yang berbeda
yaitu ambient intelligence dan machine ethics.
Kata Kunci:
abduction, agen cerdas, program logika, tabling, updating
viii
|
|