ABSTRAK

Fakultas Ilmu Komputer Indonesia bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia mengadakan penelitian untuk membuat Perangkat Ajar Berbasis Strategi Belajar. Perangkat ajar tersebut akan digunakan oleh siswa tingkat mengengah (SMP dan SMU) disekolah-sekolah di Indonesia. Perangkat ajar yang dibuat diharapkan memiliki kemampuan untuk memantau strategi belajar, bersifat hipermedia, menunjang cara belajar kolaboratif, intensional, terencana dan dapat menuntut siswa untuk berpikir secara reflektif, kritis dan dalam. Tuga akhir ini merupakan penelitian yang berusaha mengembangkan alat bantu untuk menunjang cara belajar kolaboratif. Alat bantu tersebut nantinya akan menjadi bagian dari perangkat ajar yang dikembangkan. Karena perangkat ajar yang dikembangkan berbasis strategi belajar, maka alat bantu yang dikembangkan harus dapat mendukung pemantauan strategi belajar siswa. Secara khusus, alat bantu yang dibuat terdiri dari dua buah modul yaitu modul percakapan dan modul catatan. Penelitian dalam tugas akhir ini meliputi studi pustaka, pengamatan terhadap sistem belajar kolaboratif yang sudah ada, untuk kemudian melakukan analisis, perancangan dan implementasi modul Percakapan dan modul catatan.