ABSTRAK Nama : Kurnianto Trilaksono Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Desain Pembelajaran Online Berbasis Moodle untuk Gaya Belajar Kinestetik Perkembangan teknologi e-Learning khususnya online learning telah terjadi secara signifikan sejak tahun 2001 ditandai dengan kemunculan berbagai macam Course Management System (CMS) dan Learning Managament System LMS. Sifat dari teknologi e-Learning yang mengharuskan untuk dapat mengakomodasi berbagai macam gaya belajar, membuat teknologi harus menyediakan berbagai macam fitur yang dapat memaksimalkan hasil pembelajaran. Pada tahun 2016, sebuah desain in- struksional yang khusus dibuat untuk peserta belajar dengan gaya belajar kinestetik diperkenalkan, yang kemudian disebut "Instructional Design for Kinesthetic Learn- ers", meskipun demikian, belum ada evaluasi terhadap desain instruksional terse- but. Penelitian ini dilakukan untuk mengimplementasikan dan mengevaluasi desain instruksional tersebut. Penelitian ini akan menghasilkan kesimpulan yang diukur berdasarkan implementasi konsep ke dalam LMS Moodle dengan menggunakan user evaluation secara kualitatif dan kuantitatif melalui usability testing dan kue- sioner Sytem Usability Scale (SUS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem e-Learning yang menerapkan desain Instructional Design for Kinesthetic Learn- ers memiliki tingkat penerimaan yang tinggi oleh peserta belajar dan menunjukkan adanya peningkatan tingkat efektivitas pembelajaran. Hasil lain dari penelitian ini adalah, delapan requirement umum yang harus diimplementasikan untuk memban- gun sebuah sistem e-learning untuk peserta belajar kinestetik, dan daftar rekomen- dasi perancangan sistem berdasarkan hasil user research yang dapat menjadi dasar penelitian selanjutnya. Kata Kunci: ADDIE, gaya belajar kinestetik, pembelajaran online, Moodle