Salah satu tugas Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan (Pusintek) adalah Koordinasi Pelaksanaan Manajemen Program TIK.Fungsi ini dilaksanakan oleh Subbidang Manajemen Program Teknologi Informasi dan Komunikasi, yang berada di bawah Bidang Perencanaan Kebijakan TIK. Salah satu tugas subbidang ini adalah melakukan pemantauan pelaksanaan program TIK Strategis Kementerian Keuangan. Tugas tersebut dilaksanakan dengan cara melakukan pemantauan terhadap proyek-proyek TIK melalui kontrol dokumen atau keluaran tiap-tiap proyek, dan memastikan bahwa proyek tersebut mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Hasil laporan pemantauan proyek-proyek TIK tersebut ternyata masih tidak akurat, banyak ditemukan update tidak dimasukkan ke dalam laporan. Hal ini berakibat kepada terlambatnya proyek secara keseluruhan, karena proses pemantauan tidak berjalan dengan akurat.
Untuk mengatasi masalah ini dibutuhkan sebuah sistem manajemen yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder. Langkah awal dari pembangunan sistem tersebut adalah perancangan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan sistem yang sesuai dengan kebutuhan proses pemantauan oleh stakeholder. Proses tersebut dilakukan dengan menggunakan framework Rational Unified Process (RUP) dengan fokus pada disiplin Business Modeling dan Requirement.
Ruang lingkup pada penelitian ini adalah mencakup proyek-proyek yang menjadi tanggung jawab subbidang Manajemen Program TIK. Proses yang dicakup dalam penelitian ini adalah proses pengadaan mulai dari persiapan pengadaan sampai penutupan proyek. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya 20 kebutuhan stakeholder (STRQ), 12 kebutuhan sistem (NEED), 19 fitur (FEAT).
|
|