ABSTRAK
Informasi yang tersedia cepat dan tepat sangat penting dalam menyelesaikan sebuah tiket insiden pada sebuah proses layanan TI. Kinerja layanan TI dapat ditingkat dengan penyediaan alat bantu. Salah satu alat bantu tersebut adalah sistem manajemen log yang mengelola informasi perangkat lunak. Tim support Kana Express memiliki beberapa permasalahan yang dapat dibantu dengan sistem manajemen log.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan soft system methodology (SSM), teori fungsi manajemen log, perancangan arsitektur, dan 4+1 View Model. SSM dan teori fungsi manajemen log digunakan untuk mengetahui kebutuhan dari sistem manajemen log. Kebutuhan tersebut digunakan dalam perancangan arsitektur dan hasil perancangan arsitektur direpresentasikan dalam bentuk 4+1 View Model.
Penelitian karya akhir ini menghasilkan sejumlah kebutuhan sistem manajemen log dan rancangan arsitektur. Kebutuhan tersebut diperoleh dari fitur sistem manajemen log yaitu penyimpanan log dengan format terstruktur, log generation, event correlation, log viewing, log reporting, tempat penyimpanan log terpusat, dan log disposal. Penelitian karya akhir ini juga menghasilkan rancangan arsitektur sistem manajemen log. Rancangan arsitektur yang dibuat memiliki kerangka 3-tier clientserver dengan dua buah sub sistem yaitu sistem pabrik log dan sistem gudang log.
|